USK dan Griffith University Sepakat Perkuat Layanan Kesehatan Inklusif

Universitas Syiah Kuala (USK) melalui inisiasi Kantor Urusan Internasional (OIA), sepakati kerjasama antara Universitas Syiah Kuala, University of Nottingham in Malaysia (UNM), dan Green Growth Asia Foundation (GGAF). Kerjasama ini ditandai dengan penandatangan dokumen kerjasama Letter of Intent, di UNM Malaysia, Jumat, 25 April 2024.

Kerjasama tersebut mencakup tentang Education for Sustainable Development, Resilient & Green City Development, Green Living for Sustainable Lifestyles and Partnerships for A Sustainable Future, yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan Eco Campus yang bisa dijalankan di USK.

Delegasi USK meliputi Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kemitraan, dan Bisnis Prof. Dr. Ir. Taufiq Saidi, M.Eng.,IPU, Kepala OIA Dr. Muzailin Affan, Kepala Pusat Hutan dan Tata Guna Lahan Rahmad Dawood, dan Kepala FMIPA Informatika Dr. Nizamuddin.

“Peluncuran program Eco Campus di USK rencananya akan segera dirilis pada bulan Agustus mendatang,” sebut Prof Taufiq.

Ia menerangkan, Eco Campus merupakan dasar dari program Eco Schools; salah satu program sekolah berkelanjutan serta diaplikasikan untuk tingkat perguruan tinggi. Selain itu, Eco-Schools adalah salah satu program sekolah berkelanjutan global terbesar, dimulai dari ruang kelas dan diperluas ke masyarakat dengan melibatkan generasi berikutnya dalam pembelajaran berbasis tindakan.

“Dengan adanya Exo Campus kita berharap kampus terbaik di Aceh ini bisa menjadi universitas terdepan dalam pengembangan Eco Campus, khususnya di regional IMT-GT UNINET,” bebernya.

Untuk diketahui, UNM merupakan kampus yang fokus pada kepedulian lingkungan dan memiliki koneksi dengan pemangku kepentingan untuk kerjasama dalam bidang itu. UNM mendidik generasi masa depan dan mengupayakan pelajar untuk memiliki minat peduli lingkungan melalui kurikulum, pengajaran dan penelitian, yang didukung oleh lingkungan, pengalaman kampus dan kepemimpinan perguruan tinggi.

Sedangkan GGAF sendiri adalah organisasi masyarakat sipil independen yang berfokus pada pemberdayaan pemuda dalam aksi iklim individu yang memiliki kerjasama dengan berbagai universitas dan berbagai pemangku kepentingan kerjasama.

“Tujuan kedepan dari program ini adalah untuk mengedepankan Indonesia khususnya USK memimpin Eco Campus program dibawah kerjasama University Network (UNINET) dan masuk dalam program COP29 United Nations (UN) Climate Change Conference 2024,” tambah Muzailin.

Sebagai informasi, Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) UNINET memiliki 8 kerjasama unggul sebagai pilar strategis yang sejalur dengan Sustainable Development Goals (SDG), salah satunya yaitu fokus pada lingkungan. Oleh karena itu, pilar ini sejalur dengan inisiasi kerjasama yang sedang dirintis.

Mr. Balamurugan Ratha Krishnan, selaku Kepala Eksekutif GGAF menyatakan, bahwa GGAF ini sendiri sudah bekerjasama dengan beberapa afiliasi lokal dan internasional, perguruan tinggi, industry, agensi/NGO, dan sponsor yang mendukung program strategis GGAF.

“Untuk kedepan GGAF memiliki beberapa goals yang termasuk dalam tema Greening Education For A Sustainable Future, salah satu fokusnya adalah implementasi program Eco Schools di 50 perguruan tinggi,” bebernya.

Sebelumnya, Muzailin mewakili USK dan IMT-GT UNINET telah hadir secara virtual pada acara COP28 UN Climate Change Conference yang dilaksanakan di Dubai. Kepala OIA USK ini mempresentasikan tentang Greening Education Partnership.

Sebagai informasi tambahan, UNM sudah menjalin kerjasama dengan Foundation for Environmental Education (FEE), yaitu organisasi non-pemerintah dan non-nirlaba yang mempromosikan pembangunan berkelanjutan melalui pendidikan lingkungan.

FEE aktif dalam lima program yaitu Blue Flag, Eco-School, Reporter Muda Lingkungan Hidup, Pembelajaran tentang Hutan dan Green Key International. Oleh karena itu, diharapkan dengan modal kerjasama dan rintisan kerjasama oleh USK ini akan memberikan hasil yang seperti direncanakan dan membuat USK lebih maju ditingkat global.

Alamat

Universitas Syiah Kuala Jln. Teuku Nyak Arief Darussalam, Banda Aceh, Aceh, 23111, Indonesia

Tautan Penting

Hubungi Kami